Selasa, 12 April 2011

Mengenal Huruf Hiragana dan Katakana

Huruf dalam Bahasa Jepang memang tidak sesederhana Bahasa Indonesia yang cuma memiliki 26 huruf, Bahasa Jepang terdiri dari huruf Hiragana, huruf Katakana dan Kanji. Wuah...! Hiragana sendiri, punya 46 karakter huruf yang mewakili 46 bunyi yang berbeda. Nah lo...!
Dalam pemakaiannya, Hiragana dipakai untuk menyatakan elemen tatabahasa seperti partikel dan akhiran kata sifat dan kata kerja yang menunjukkan tatabahasa. Sedangkan Kanji lebih menyatakan elemen yang memiliki arti seperti kata benda, kata kata sifat dan kata kerja. Entar deh, kalau udah jauh, pasti mudah koq membedakan mana yang harus pakai Kanji dan mana yang cukup pakai Hiragana.
Sangat mungkin menulis kalimat Bahasa Jepang dalam Hiragana. Kadangkala orang dewasa pada saat lupa huruf Kanji (hi..hi.. orang Jepang juga suka lupa Kanji loh!), ia memakai Hiragana untuk menggantikan Kanji tersebut. Sebagaimana anak-anak Jepang, aku mulai belajar menulis dan membaca Bahasa Jepang dengan mengenal huruf Hiragana sebelum mempelajari lebih jauh Kanji yang jumlahnya ribuan itu. Oce.
Sekarang ayo kita belajar mengenal huruf Hiragana.
Ini dia 46 huruf Hiragana:
Huruf Katakana biasa dipakai untuk menulis kata serapan dari bahasa asing. Sebagaimana alfabet, huruf Katana dan Hiragana hanya mewakili satu bunyi tanpa arti. Walaupun kalimat dalam bahasa Jepang biasa terdiri dari Hiragana, Katakana dan Kanji, tetapi bisa juga cuma ditulis dalam Hiragana dan Katakana. Wah, boleh juga nih...
Sebelum belajar Kanji, ada baiknya kuasai dulu huruf Hiragana dan Katana, oke...?
Sekarang kita belajar mengenal huruf Katakana.
Ini dia 46 huruf Katakana:Jadi huruf Hiragana ada 46 dan huruf Katakana juga ada 46, wuih... buanyaknya...!
Bacanya gimana ya...?
Kalau dieja dalam alfabet, huruf Hiragana dan Katakana sesuai urutan di atas, berbunyi seperti dibawah ini:Koq dipisah-pisah sih?
Oke deh, biar enak dibaca, nih huruf kana (untuk menyebut keduanya) plus cara bacanya.

Huruf Hiragana:Huruf Katakana:Gimana, udah ngerti kan gimana baca huruf Hiragana dan Katakana?
Ayo belajar membaca lagi.....! :-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar